Langsung ke konten utama

Naik Haji Jangan Berhenti di Niat tapi Mulailah

    


    Setiap seorang muslim memiliki dambaan dan harapan untuk dapat menyempurnakan rukun Islam. Rukun Islam yang ke-5 yaitu naik haji menjadi cita-cita seluruh ummat muslim di dunia. Sepertinya ada yg kurang bagi kita jika kita tidak menjalankan rukun Islam yang ini. Tapi dalam menjalankan niat yang baik untuk beribadah haji ini, tidak mudah harus ada upaya dan persiapan yang lebih besar. Selain persiapan secara mental, kesehatan fisik, juga harus ditunjang dengan kesiapan finansial. Mengingat untuk naik haji ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Makanya disebutkan rukun Islam naik haji bagi yang mampu. Walaupun banyak yang menerjemahkan mampu ini bukan sekedar dari finansial melainkan namun mampu yang lainnya juga. Spirit dari ummat muslim untuk beribadah haji ke tanah suci Mekkah, begitu terlihat jelas, dengan antrian daftar haji yang begitu panjang bahkan ada yang mencapai masa tunggu lebih dari dua puluh tahun lamanya. Misalnya umur kita sudah 30 baru daftar haji kemungkinan kita akan berangkat di usia hampir 60 tahun. Apakah fisik kita masih kuat untuk menjalankan ibadah haji dengan semaksimal mungkin. Sudah harus menjadi perhatian bagi kita, sebaiknya lebih cepat kita mewujudkan rencana haji dengan segera membuka rekening tabungan haji. Alhamdulillah saat ini sudah banyak bank syariah yang menawarkan produk tabungan haji, dengan sangat mudah, tidak perlu datang ke kantor dengan setoran awal yang sangat terjangkau. Salah satunya produk tabungan haji dari Bank Mega Syariah, setiap orang bisa membuka tabungan haji dengan mudah hanya dengan aplikasi mobile banking milik Bank Mega Syariah, kebutuhan akan rencana tahun haji akan terwujud. Melalui aplikasi itu dengan mudah bagi siapa yang hendak mewujudkan rencana hajinya. Dengan setoran yang sangat terjangkau niat baik untuk berhaji semoga dapat segeralah terwujud. 

    Melalui pembukaan rekening untuk tabungan haji, menunjukkan selain kita memiliki niat untu haji, juga kita wujudkan ikhtiar dan keseriusan untuk menyisihkan dana kita untuk menjalankan ibadah haji. Setiap pendapatan yang kita peroleh dapat kita setorkan untuk tabungan haji. Sehingga ketika tabungan mencapai 25 juta, maka akan segera didaftarkan melalui Siskohat haji kementrian agama. Semakin sering dan banyak tabungan kita maka akan semakin cepat kita untuk mendapatkan daftar kursi haji. Artinya semakin kuat niat kita untuk dapat terwujud segera berhaji. Setelah itu kita tinggal menunggu waktu keberangkatan, sembari menyiapkan dana untuk pelunasan nanti. Niat kita berhaji harus segera didukung dengan aksi nyata, seperti membuka tabungan haji di bank syariah, jadi bukan sekedar dan ada niat saja, tapi belum ada aksinya. Hanya lewat mobile banking tanpa perlu keluar rumah tanpa biaya yang besar, sudah dapat membuka rekening tabungan haji. Selebihnya menguatkan niat untuk menambah setoran tabungan haji. Jangan sampai usia yang makin bertambah, tapi masih menunda untuk memulai aksinya untuk berhaji. 

    Ibadah haji selain niat yang kuat juga butuh keseriusan untuk segera mewujudkannya. Bukankah akan lebih jika kita berhaji di usia yang masih muda atau masih dalam kondisi fisik yang prima, akan berbeda jika usia kita sudah berumur mungkin tidak seenerjik di saat masih muda. Naik haji di usia muda akan lebih keren jika dibandingkan dengan naik haji sudah berumur. Mulai saat ini selain hanya kepengen banget atau mudah ada niat, alangkah baiknya untuk melangkah sekali dengan membuka rekening untuk keperluan tabungan haji. Niat plus usaha sebagai bentuk keseriusan, yang kemudian diperkuat dengan komitmen yang nyata menambah tabungan haji secara rutin. Jika saat ini kita merasa tidak mudah lagi, tetap optimis untuk tetap membuka tabungan haji berapapun penghasilan kita, semoga dimudahkan niat baik kita ke tanah suci. Sekaligus hal ini juga jadi bahan pelajaran, jika kita merasa sudah telat, maka hal ini tidak boleh terjadi pada anak kita. 

    Sebisa mungkin mereka yang saat ini masih sekolah sudah kita rencanakan untuk berangkat haji, sehingga sedini mungkin untuk dibuatkan dan rencanakan untuk tabungan haji mereka. Sehingga mereka nanti di usia muda sudah bisa berangkat haji menjalankan rukun Islam yang ke-5. Bisa haji menjadi dambaan bagi kita semua sebagai ummat muslim. Dambaan itu menjadi perhatian bagi bank syariah yang telah menawarkan produk haji, agar kita semua dapat berangkat haji baik masih usia muda maupun di usia senja. Sehingga kesempatan tidak seharusnya kita tunda-tunda lagi. Adanya tabungan haji dari Bank Mega Syariah melalui mobile banking M-Syariah dengan mudah, cepat, hemat, dan tepat kita bisa membuka tabungan haji. Jadi mendambakan bisa naik haji jangan sampai pada rasa ingin saja, atau hanya niat saja, tapi kita sertakan dengan keseriusan dan kesungguhan salah satunya dengan segera membuka tabungan haji di bank syariah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMILIH JALAN EKONOMI ISLAM

Trimulato [1] trimsiuii@yahoo.co.id [1] Alumni Ekonomi Islam Magister Studi Islam Universtas Islam Indonesia Angkatan 2011/ Dosen Prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Parepare. Pada dasarnya setiap manusia selalu menginginkan kehidupannya di dunia ini dalam keadaan bahagia, baik secara material maupun spiritual, individual maupun sosial. Namu dalam praktiknya kebahagiaan multi dimensi ini sangat sulit diraih karena keterbatasan kemampuan manusia dalam memahami dan menerjemahkan keinginannya secara komprehensif, keterbatasan dalam menyeimbangkan antara aspek kehidupan maupun keterbatasan sumber daya yang bisa digunakan untuk meraih kebahagiaan tersebut. Masalah ekonomi hanyalah merupakan satu bagian dari aspek kehidupan yang diharapkan akan membawa manusia kepada tujuan hidupnya .(P3EI UII:2008 :1 ) . Islam sebagai agama yang sempurna yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik yang bersifat ibadah mahdah, hubungan manusia dengan sa

M-Syariah Bukan Mobile Banking Biasa

Perkembangan industri perbankan syariah terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Minat masyarakat untuk menggunakan produk-produk bank syariah juga semakin meningkat. Layanan perbankan syariah yang semakin keren menjadikan penilaian tersendiri dari masyarakat untuk memutuskan untuk berpindah menggunakan produk bank syariah. Gaya hidup islami, halal lifestyle seolah sudah menjadi kebutuhan dan trend yang nampak saat ini. Tanpa terkecuali pemenuhan kebutuhan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, salah satunya dengan bertransaksi menggunakan bank syariah. Alhamdulillah saat ini layanan bank syariah sudah semakin maju, bisa dikatakan setara dengan layanan bank konvensional, bedanya pasti bank syariah tidak ada bunga yang riba itu didalamnya. Penggunanya akan terasa aman dan nyaman dalam transaksi keuangan karena menguntungkan dan juga tetap taat pada aturan agama. Jika dahulu sering diangga bank syariah belum bisa mengimbangi bank konvensional dari sisi layanan dan teknologi, seper